Senin, 01 Juli 2013

Posted by TIF 2012/A on 7/01/2013 12:51:00 PM No comments
Tugas Pendahuluan Praktikum Pemrograman Lanjut Modul 6Tugas Pendahuluan Praktikum Pemrograman Lanjut Modul 6 membahas tiga permasalahan pokok yaitu : 1. Instalasi NetBeans IDE, 2. Java Console pada NetBeans dan 3. Java GUI pada NetBeans. Proses instalasai NetBeans IDE pada komputer harus sudah terinstal JDK (Java Development Kit) terlebih dahulu pada komputer.

Instalasi NetBeans seperti halnya dengan instalasi aplikasi lain pada komputer, kita tinggal mengklik next, next dan next hingga tiba saatnya untuk mengklik tombol finish dari instalasi NetBeans.

NetBeans merupakan sebuah IDE (Integrated Development Environment) yang bisa dipergunakan untuk membuat aplikasi berbasis Java mulai dari penulisan kode sumber, menjalankan program dan memberi tahu kesalahan-kesalahan pada kode sumber yang kita tulis. Hal ini sesuai dengan IDE itu sendiri yang memang harus mempunyai kemampuan edit-jalan-cek dalam satu paket program.

Dengan NetBeans IDE, programmer bisa membuat aplikasi berbasis Java dengan mempergunakan GUI atau Graphic User Interface yang interaktif dengan memanfaatkan utilitas .awt ataupun .swing.



0 komentar :

Posting Komentar