Senin, 01 Juli 2013

Posted by TIF 2012/A on 7/01/2013 01:13:00 PM No comments
Tugas Pendahuluan Praktikum Pemrograman Lanjut Modul 8Tugas Pendahuluan Praktikum Pemrograman Lanjut Modul 8 [Pemrograman Berbasis Objek Pada Java]

1. Konsep Objek
-  Adalah komponen dari sistem yang dibangun, seperti objek jendela (window), objek tombol (button), objek kotak gambar (picture box). Objek pada pemrograman prosedural digambarkan sebagai fungsi atau prosedur yang bekerja mandiri menghasilkan output dalam proses pertukaran data dengan program utama.
- Tiap objek memiliki kelompok, misalnya jambu, semangka, jeruk, apel adalah kelompok buah-buahan. Kelompok seperti ini dalam konsep  OOP disebut dengan kelas atau class.
-  Sifat-sifat dari suatu kelas bisa diwariskan (inheritance) ke bagian subkelasnya.

2. Kelas Konstruktor
-   Konstruktor merupakan fungsi khusus yang diberi nama sama dengan  nama kelasnya. Untuk memberikan nilai pada atribut kelas dapat dilakukan pada saat objek didefinisikan lewat kelas konstruktor (class constructor).

3. Enkapsulasi
-  Enkapsulasi adalah suatu kelas sebenarnya yang terpisah dari kelas  yang lain dimana atribut dan fungsi terbungkus dalam kapsul sehingga  akses dari luar terhadap isi kelas pada dasarnya terbatas.

4. Pewarisan
-  Inheritance adalah pewarisan pada sub kelas dari suatu super kelas, yang biasa diturunkan melalui kata kunci extends.

5. Polimorfisme
-   Polimorfisme adalah sifat dari kelas objek yang memungkinkan beberapa fungsi dapat memiliki nama yang sama walaupun memiliki isi fungsi yang berbeda.



0 komentar :

Posting Komentar